THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 23 November 2009

batik menjadi salah satu warisan budaya dunia.





Setelah melalui proses yang cukup panjang dan tidak mudah, akhirnya bangsa Indonesia tinggal menunggu kabar baik terkait dengan dicanangkannya batik sebagai salah satu warisan budaya di dunia.

Menurut Menteri Kebudayaan dan Pariwisata RI, Jero Wacik, Senin malam (22/6) di Yogyakarta, pada September mendatang akan digelar sidang UNESCO untuk memutuskan batik sebagai intangible cultural heritage asli Indonesia.

"September nanti akan ada sidang UNESCO di Abudabhi untuk memutuskan batik sebagai intangible cultural heritage yang kemungkinan besar akan menjadi milik Indonesia," ujarnya.

Meski belum dapat dipastikan bahwa rencana pencanangan batik sebagai intengible heritage oleh UNESCO tersebut akan jatuh ke tangan bangsa Indonesia, namun menteri yakin bahwa batik adalah asli milik Indonesia dan UNESCO akan memberikannya.

"Bagaimanapun itu, saya yakin pada 2 Oktober mendatang UNESCO akan memutuskan bahwa batik adalah milik bangsa Indonesia," tegasnya.

Rencana pencanangan batik Indoneia sebagai intangible cultural heritage adalah satu hal yang cukup menggembirakan setelah beberapa waktu lalu sempat diklaim sebagai milik bangsa Malaysia lewat sejumlah iklan pariwisatanya.

Jika berhasil menjadi salah satu intangible cultural heritage di dunia, maka batik Indonesia akan menjadi benda budaya selanjutnya setelah sebelumnya wayang dan keris juga telah dinobatkan sebagai warisan budaya oleh UNESCO.

0 komentar: