THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES

Senin, 23 November 2009

Kaum Muda Slovakia Gandrungi Budaya Indonesia


Duta Besar RI untuk Slovakia Harsha E. Joesoef menyatakan, saat ini, semakin banyak kalangan mahasiswa dan pemuda Slovakia yang gandrung untuk mempelajari seni dan budaya Indonesia.

Meskipun kedua Negara memiliki perbedaan budaya, kata dia seperti dikutip Sekretaris Satu KBRI Slowakia, Senin, hubungan dan interaksi antara masyarakat kedua Negara menunjukkan peningkatan.

Bukti hal itu terlihat ketika belasan pemuda dan pemudi Slovakia yang terkenal kecantikan dan ketampanannya tampil dengan busana nasional dan tradisional Indonesia memukau saat menjadi "pagar ayu" pada acara resepsi diplomatik Indonesia di hotel Ritz Carlton, Slovakia.

Sekretaris Satu pensosbud KBRI Slovakia Wanton Saragih Sidauruk kepada koresponden Antara London, Senin mengatakan, layaknya model, remaja Eropa itu mengenakan baju batik dan busana tradisional berbagai daerah di Indonesia seperti Bali, Sulawesi, Kalimantan, Jawa, dan Betawi.

Sebagian dari mereka menggunakan busana hasil koleksi pribadi saat studi di Indonesia melalui program beasiswa Darmasiswa Departemen Pendidikan Nasional. Mereka tampil mempesona undangan saat memainkan musik gamelan Bali, kata Wanton.

Melalui lagu "Gilak Sasak" dari Bali dan "Gambang Suling" dari Jawa Tengah, mereka menyuguhkan bunyi-bunyian gamelan dan alunan suling musik tradisional Indonesia tersebut, ujarnya.

Selain itu, seorang warga Slovakia lainnya yang sebelumnya menjalani studi di Indonesia memamerkan lukisan-lukisan hasil karyanya menggambarkan potret seni, budaya, kehidupan masyarakat dan alam Indonesia.

Untuk periode tahun ajaran 2009/2010, puluhan mahasiswa Slovakia terpaksa mengurungkan niatnya untuk studi bahasa dan budaya Indonesia di berbagai universitas dan sekolah tinggi di Indonesia karena keterbatasan kuota program Darmasiswa yang tersedia.

Selain itu, Duta Besar Harsha juga menyatakan pihaknya sedang giat-giatnya mendorong peningkatan interaksi antara pelaku usaha kedua Negara melalui penjajakan kerja sama bisnis.

Acara resepsi diplomatik Indonesia dihadiri sekitar 250 undangan dari kalangan pejabat pemerintah Slovakia, puluhan Duta Besar Negara sahabat, politisi, pengusaha dan friends of Indonesia serta kalangan masyarakat Slovakia serta pengusaha Indonesia yang sedang mengadakan misi bisnis ke Slovakia.

0 komentar: